Mengganti Nama Localhost menjadi Domain

Assalamu'alaikum Wr. wb.

Alhamdulillah semoga puji dan syukur senantiasa kita panjatkan kepada Alloh SWT. yang telah melimpahkan segala hikmah dan hidayah keapada Kita dan hingga hari ini kita masih diberikan segala nikmat untuk senantiasa menjadi hamba ynga bertaqwa. Kemudian salam dan shalawat semoga tetap terlimpahkan kepada Nabi Muhammad SAW. yang senantiasa kita nantikan syafa'atnya dihari akhir nanti.

Kesempatan hari ini saya akan bebragi berkaitan dengan cara mengubah localhost menjadi nama domain atau yang semacamnya sesuai dengan yang kita inginkan. Langsung saja berikut beberapa langkah mudah untuk bisa mengubah nama tersebut.

1. Buka browser kita coba tikkan localhost yang akan kita ubah.
2.  Masuk ke terminal dan masuk sebagai superuser atau root.

3. Masukkan password.
4. Setelah masuk sebagai root langsung kita tikkan sudo nautilus atau sudo gedit/etc/hosts. Tampilan keduanya berikut ini, jika sudo nautilus kita harus mencari file hosts secara manual melalui direktori. Nmaun jika sudo gedit/etc/hosts kita langsung dapat mengedit file hosts.




 5. Kita dapat melihat dari gambar diatas bahwa ada dua ip default yaitu:
127.0.0.1 dan 127.0.1.1. Untuk mengganti nama localhost kita langsung tambahkan IP saja klik tab dan masukkan nama sesuai dengan keinginan.
misal namanya adalah: mus.com . Klik ctrl+s atau save untuk melakukan penyimpanan.

6. Masuk ke browser dan langsung kita masukkan domain kita yaitu mus.com hasilnya ada dibawah ini.
7. Selesai.

Sekian semoga dapat bermanfaat Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »