Owncloud

Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Alhamdulillah segala puji hanyalah milik Alloh SWT. semata yang menguasai seluruh alam raya ini, semoga rasa puji dan syukur kita senantiasa terpanjatkan kepadaNya. Dialah yang telah melimpahkan segala kenikmatan segala hal yang kita butuhkan dalam menjalani kehidupan di dunia ini. Semoga ketaqwaan kita senantiasa meningkat kepada Allh SWT. Kemudian salam beserta shalawat tak terlupa terucap kepada Nabi kita Baginda Muhammad SAW. yang kita senantiasa menantikan syafa'at beliau diakhir zaman dan waktu yang ditentukan nanti semoga kita termasuk dalam ummatnya yang memperoleh syafa'atnya.
Kesempatan hari ini saya akan berbagi bagaimana kita melakukan instalasi CMS owncloud. Langsung saja berikut beberapa penjelasannya.
OwnCloud merupakan suatu perusahaan dengan proyeknya yaitu ownCloud project. Slogan perusahaan ini adalah Your Cloud, Your Data, Your Way!. ownCloud yang merupakan salah satu perangkat lunak berbagi berkas gratis dan bebas seperti Dropbox, menyediakan pengamanan yang baik, memiliki tata cara yang baik bagi pengguna aplikasi untuk membagi dan mengakses data yang secara lancar terintegrasi dengan perangkat teknologi informasi yang tujuannya mengamankan, melacak, dan melaporkan penggunaan data.

OwnCloud menempatkan kontrol kepada pengguna teknologi informasi itu sendiri dan juga menawarkan penyedia layanan, pusat dan bagian transmisi yang berfungsi untuk menyediakan solusi sinkronisasi dan berbagi bagi pengguna. ownCloud memberikan akses terhadap berkas-berkas secara universal dengan menggunakan antarmuka jaringan atau WebDAV.
Berikut langkah-langkah instalasinya :
1. Masuk sebagai super user.
sudo su
2. Masuk ke direktori /var/www/html/.
# cd /var/www/html
3. Kita pindah file yang sudah kita download dengan menggunakan utilitas nautilus.
# nautilus
4. Berikan hak akses dengan perintah :
# chmod -R 755 owncloud
5. Berikan perintah lagi :
# chown -R www-data:www-data /var/www/html/owncloud
6.  Masuk ke phpmyadmin dengan perintah di browser:
localhost/phpmyadmin
7. Buat database dengan nama owncloud.


8. Tik di browser :
localhost/owncloud
9. Isi bagian yang kosong, klik finish setup.
10. Berikut tampilan dari owncloud.

11. Selesai.
Sekian semoga bisa bermanfaat, Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »