GUI & CLI

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Alhamdulillah pada kesempatan hari ini kita masih bisa diberikan segala kenikmatan oleh Alloh ta'ala, hingga nafas islam masih berada dalam dada kita untuk itu marilah kita panjatkan puji syukur kepada Alloh Atas apa yang telah dilimpahkan kepada kita semua. Kedua salam beserta salawat semoga senantiasa tercurahkan kepada uswah hasanah kita Nabi Muhamma SAW. yang kita senantiasa menantikan syafa'atnya dihari akhir nanti.


Kesempatan hari ini saya akan berbagi kembali mengenai Perbedaan ataupun perbandingan antara GUI dan CLI. apakah yang dimaksud dengan kedua istilah tersebt, semoga penjelasan di bawah ini akan memberikan sedikit gambaran yang dimaksud dengan kedua istilah tersebut. Berikut beberapa uraiannya:

1. GUI (Graphical User Interface)
    GUI (Graphical User Interface), adalah antarmuka pada sistem operasi atau komputer yang menggunakan menu grafis agar mempermudah para pengguna-nya untuk berinteraksi dengan komputer atau sistem operasi. Jadi, GUI merupakan antarmuka pada sistem operasi komputer yang menggunakan menu grafis. Menu grafis ini maksudnya terdapat tampilan yang lebih ditekankan untuk membuat sistem operasi yang user-friendly agar para pengguna lebih nyaman menggunakan komputer. Menu grafis itu ya seperti ada grafis-grafis atau gambar-gambar dan tampilan yang tujuannya untuk memudahkan para pengguna menggunakan sistem operasi.
Berikut contoh tampilan dari GUI :
 2. CLI (Command Line Interface)
      CLI (Command Line Interface), adalah antarmuka pada sistem operasi atau komputer yang menggunakan menu baris perintah atau text atau ketikkan dari keyboard untuk berinteraksi denga sistem operasi atau komputer tersebut.
CLI lebih ditujukan kepada sistem operasi yang digunakan sebagai komputer server. Karena menggunakan CLI dirasa lebih efisien dan cepat daripada menggunakan GUI. Untuk berinteraksi dengan komputer, harus dengan menggunakan bafris perintah yang bisa dikenali oleh komputer. Jadi, untuk orang yang masih awam menggunakan mode CLI, masih dirasa cukup repot untuk menggunakannya.
Berikut contoh tampilan dari CLI :
 
Jadi pada praktiknya CLI harus menggunakan perintah-perintah teks dalam interface antara hardware dengan software. Sedangkan untuk GUI menjadi umum digunakan dikarenakan lebih mudah dalam melakukan interface.
3. Perbandingan antara GUI dan CLI
Poin yang DibahasAntarmuka Command Line (CLI)Antarmuka Grafis (GUI)
Kemudahan PengoperasianMembutuhkan ingatan yang lebih tinggi untuk menghafal perintah-perintah yang diperlukan untuk pengoperasian dan navigasi. Metode command line biasanya kurang begitu familiar bagi pengguna baru, sehingga nampak terkesan lebih sulit daripada metode antarmuka GUI.Metode GUI mampu memberikan tampilan visual yang intuitif, menarik untuk dilihat dan lebih user-friendly. Sehingga pengguna baru akan selalu merasa kalau antarmuka GUI terasa lebih cepat dan mudah dioperasikan.
KontrolPengguna memiliki kontrol yang lebih luas baik terhadap file maupun sistem operasi yang digunakan.Walaupun sebuah GUI menyediakan kemudahan akses ke file dan sistem operasi, namun mungkin saja sebuah perintah lanjutan tetap membutuhkan command line.
MultitaskingMeskipun kebanyakan lingkungan antarmuka command line memiliki kemampuan untuk multitasking, namun mode ini tidak menawarkan kemudahan dan kemampuan untuk melihat beberapa hal sekaligus pada satu layar.Antarmuka GUI memiliki jendela yang memungkinkan penggunanya untuk melihat, mengontrol, memanipulasi, dan berpindah dari beberapa program dan folder pada waktu yang sama.
Kecepatan PengoperasianPengguna antarmuka command line hanya perlu memanfaatkan keyboardnya untuk melakukan navigasi antarmuka. Disamping juga mereka hanya perlu menjalankan beberapa baris perintah untuk melakukan pekerjaannya.Menggunakan mouse and keyboard secara bersamaan untuk melakukan navigasi dan mengontrol sistem operasi akan lebih lambat daripada seseorang yang bekerja menggunakan command line.
ResourceSebuah komputer yang berbasis command line hanya memerlukan sumber daya yang lebih sedikit ketimbang GUISebuah antarmuka GUI membutuhkan sumber daya yang lebih besar, karena diperlukan lebih banyak elemen yang harus dimuat dan ditampilkan kepada penggunanya.
ScriptingSebuah antarmuka command line memungkinkan pengguna untuk membuat urutan perintah untuk melakukan tugas atau mengeksekusi program secara berurutan.Walaupun sebuah antarmuka GUI bisa menyediakan shortcut, tugas, dan aksi lainnya yang sama, tetapi bahkan tidak bisa mendekati hal yang tersedia melalui command line.
Remote AccessKetika mengakses sebuah komputer atau perangkat melalui jaringan, pengguna hanya dapat memanipulasi perangkat atau file dengan antarmuka command line. Selain itu hanya dibutuhkan penggunaan bandwidth yang jauh lebih sedikit.Meskipun akses GUI secara remote dimungkinkan. Tidak semua komputer dan peralatan jaringan memiliki kemampuan tersebut. Penggunaan bandwidth untuk meremote komputer dengan tampilan GUI juga lebih besar.
KeragamanSetelah Anda mempelajari bagaimana menavigasi dan menggunakan command line, itu tidak akan banyak perubahan seperti halnya pada GUI. Meskipun perintah baru dapat diperkenalkan, perintah aslinya akan selalu tetap sama.Setiap antarmuka GUI memiliki desain dan struktur yang berbeda ketika digunakan untuk melakukan tugas yang berbeda. Bahkan terdapat iterasi yang berbeda dari GUI yang sama, seperti halnya pada Windows, mungkin terdapat banyak perbedaan dari tiap-tiap versi yang ada.
KeteganganAntarmuka command line memungkinkan penggunanya untuk meletakkan tangannya hanya pada keyboard, hampir tidak perlu menyentuh mouse. Terlalu sering memindahkan posisi tangan dari keyboard ke mouse secara berulang terus menerus dapat menambah ketegangan saraf-saraf tangan.Meskipun pengguna bisa membuat shortcut key untuk mempermudah, namun biasanya tangan Anda akan tetap sering berpindah posisi diantara keyboard dan mouse.
Sekian sedikit referensi dari saya semoga dapat bermanfaat.
Wassalamu,alaikum Wr. Wb.
Referensi:

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 Comment:

Comment