Istilah dalam Jaringan

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Pertama marilah kita senantiasa mengingat keagungan Alloh SWT. yang maha menguasai atas segala sesuatu. Sebagai hamba-Nya yang beriman sudah sepantasnya kita memanjatkan puji syukur atas kenikmatan yang Alloh limpahkan kepada kita semua, hingga ketika kita berusaha menghitung nikmat Alloh niscaya tak akan sanggup. Kedua Semoga salam beserta shalawat senantiasa terlimpahkan kepada Nabi Muhammad SAW. yang kita nantikan syafa'atnya dihari akhir nanti.

Pada kesempatan yang indah ini kita akan kemballi sharing bersama berkaitan dengan istilah yang sering muncul dalam jaringan ataupun server. Mungkin ada beberapa istilah telah lazim digunakan oleh kita, namun tentu ada beberapa pula yang masih jarang orang yang mengetahui, untuk itu langsung saja berikut beberapa istilah tersebut.

     1. Network Address Translation (NAT) 
       Network Address Translation atau NAT, digunakan oleh router untuk berbagi suatu alamat ip ke berbagai perangkat. Sebagai contoh, Anda mungkin memiliki sebuah router nirkabel/wireless yang menciptakan jaringan Wifi yang terkoneksi ke perangkat seperti laptop, smartphone, tablet dan lain - lain. ISP Anda hanya memberikan satu alamat IP yang dapat diakses dari mana saja di intenet, ip ini disebut IP Publik.
  
     2. Backbone
        Backbone adalah saluran atau koneksi berkecepatan tinggi yang menjadi lintasan utama dalam sebuah jaringan.
     
     3. Broadband 
      Broadband adalah suatu proses pengiriman dan penerimaan data dengan perantaraan sistem jaringan telekomunikasi berkecepatan tinggi. Istilah broadband biasanya digunakan untuk menyebut kecepatan internet yang berkisar antara 256 kbps hingga 1000mbps yang terhubung dengan perangkat yang digunakan oleh pengguna internet.
Prinsip kerja broadband adalah melakukan proses transmisi data dan mengubah berbagai bentuk data ke dalam satuan bit yang akan dikirimkan kepada anda melalui internet. Saat ini anda dapat menggunakan fasilitas broadband melalui perantaraan kabel telepon atau perangkat nirkabel di rumah atau kantor Anda.
    
     4. Bandwith
       Bandwidth sering disebut juga sebagai data transfer atau site trafic. Bandwidth merupakan konsep penghitungan konsumsi data dalam sistem telekomunikasi. Atau dengan kata lain, bandwith adalah jumlah data yang keluar masuk pada akun internet Anda.
Bandwidth biasanya dihitung dalam satuan bit per detik (disingkat menjadi bps).

     5. ISDN
        ISDN (Integrated Services Digital Network) adalah standard komunikasi internasional untuk pengiriman suara, video dan data melalui line telepon digital atau telepon kawat biasa. ISDN mempunyai kecepatan transfer data 64 Kbps. Sebagian besar saluran ISDN ditawarkan oleh perusahaan telepon yang memungkinkan dua saluran, yang disebut kanal B (B channel). Satu line dapat digunakan untuk suara dan yang lain untuk data lain dan keduanya mempunyai kecepatan transfer 128 Kbps. Versi awal ISDN menggunakan transmisi baseband. Versi lain ISDN, yaitu B-ISDN, menggunakan transmisi broadband dan dapat mendukung transmisi data dengan kecepatan 1,5 Mbps.
      6. Topologi
    Dalam jaringan komputer topologi adalah bentuk pengaturan keterhubungan antar sistem komputer. terdapat bermacam-macam topologi seperti bus, star, ring.

      7. Router
         Suatu perangkat yang berfungsi menghubungkan suatu LAN ke suatu internetworking/WAN dan mengelola penyaluran lalu-lintas data di dalamnya. Routing : Proses dari penentuan sebuah path yang di pakai untuk mengirim data ke tujuan tertentu.
     8. Ethernet
     Ethernet adalah protokol LAN yang dikembangkan oleh Xerox Corporation yang bekerjasama dengan DEC dan Intel pada tahun 1976. Ethernet menggunakan topologi bus atau star dan medukung transfer data sampai dengan 10 Mbps. Versi Ethernet yang lebih baru yang disebut 100Base-T (atau Fast Ethernet), mendukung transfer data sampai dengan 100 Mbps, dan versi terbarunya, Gigabit Ethernet, mendukung tranfer data sampai dengan 1 Gigabit per detik atau 1000 Mbps.

      9. Virtual Private Network

        VPN (virtual private network) adalah koneksi internet pribadi yang aman dan terenkripsi untuk menjamin bahwa hanya pengguna yang berhak yang dapat mengaksesnya dan trasfer data yang dilakukan tidak dapat diganggu.

      10. Virtual Local Area Network
        VLAN (virtual local-area network) adalah jaringan komputer yang seakan terhubung menggunakan kabel yang sama meskipun mungkin secara fisik berada pada bagian LAN yang lain. VLAN dikonfigurasi melalui software dan tidak hardware, yang membuatnya sangat fleksible.Salah satu keunggulan VLAN adalah jika sebuah komputer secara fisik dipindah ke lokasi lain, komputer tersebut tetap pada VLAN yang sama tanpa melakukan konfigurasi ulang hardware. 
      11. GPS
           GPS (Global Positioning System ) adalah sistem navigasi menggunakan 24 satelit MEO (medium earth orbit atau middle earth orbit) yang mengelilingi bumi dan penerima-penerima di bumi. Satelit mengorbit pada ketinggian sekitar 12.000 mil di atas bumi dan mampu mengelilingi bumi dua kali dalam 24 jam. Satelit GPS secara kontinu mengirimkan sinyal radio digital yang mengandung data lokasi satelit dan waktu pada penerima yang berhubungan. Satelit GPS dilengkapi dengan jam atom dengan ketepatan satu per satu juta detik. Berdasar informasi ini, stasiun penerima mengetahui berapa lama waktu yang digunakan untuk mengirim sinyal sampai ke penerima di bumi. Semakin lama waktu yang digunakan untuk sampai ke penerima, semakin jauh posisi satelit dari stasiun penerima. dengan mengetahui posisi satelit, penerima mengetahui bahwa satelit terletak pada posisi tertentu pada permukaan bola imaginer yang berpusat pada satelit. Dengan menggunakan tiga satelit, GPS dapat menghitung lintang dan bujur penerima berdasar perpotongan ketiga bola imaginer. Dengan menggunakan empat satelit, dapat juga ditentukan ketinggian. GPS dikembangkan dan dioperasikan oleh Departemen Pertahanan Amerika. GPS, asalnya dikenal dengan NAVSTAR (Navigation System with Timing and Ranging). Sebelum untuk keperluan yang lebih luas, GPS digunakan untuk menyediakan kemampuan navigasi sepanjang waktu dan dalam segala cuaca untuk militer darat, laut, dan angkatan udara.
      12. Wireless Fidelity
           Wi-Fi Wireless Fidelity adalah nama dagang resmi untuk IEEE 802.11b yang dibuat oleh Wireless Ethernet Compatibility Aliance (WECA). Istilah Wi-Fi menggantikan 802.11b seperti halnya istilah Ethernet menggantikan IEEE 802.3. Produk yang disertifikasi oleh WECA sebagai Wi-Fi dapat beroperasi bersama meskipun dibuat oleh perusahaan yang berbeda.

      13. DHCP
           Dynamic Host Configuration Protocol memungkinkan komputer dapat meminta atau diberikan IP Address secara otomatis. Sebagai contoh, pada saat Anda menggunakan perangkat laptop atau smartphone untuk terhubung ke jaringan WiFi, perangkat anda akan secara otomatis meminta IP dari Router dan Router akan memberikannya secara otomatis. Ini terlihat lebih sederhana dari pada menggunakan IP Statik yang harus mengisi ip secara manual.


      14. DNS
      Domain Name System adalah bagaimana komputer dapat menerjemahkan nama domain atau host ke alamat ip. Misalnya, pada address bar browser anda tulis pintarkomputer.com, komputer anda langsung menghubungi DNS Server, dan DNS Server akan menjawab dengan alamat ip yang berupa numerik, sehingga komputer Anda dapat terhubung.

15.  Server
    Suatu unit yang berfungsi untuk menyimpan informasi dan untuk mengelola suatu jaringan komputer.komputer server akan melayani seluruh client atau worstation yang terhubung ke jaringannya.



Demikian sedikit yang dapat Saya Share semoga dapat bermanfaat dan berguna dalam pembelajaran mengenai jaringan.
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.


Sumber Referensi:

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »