Internet Positif

Assalamu'alaikum Wr. Wb.
    Bersama ini marilah kita bersama memanjatkan rasa puji syukur kita pada Alloh SWT. yang telah memberikan beribu kenikmatan kepada kita semua hingga dihari ini bisa kembali sharing berkaitan dengan linux tentunya serta materi lain dijurusan Teknik Komputer dan Jaringan. Kemudian tak lupa salam beserta shalawat kita haturkan kepada Nabi Muhammad SAW. yang akan memberikan syafa'at kepada kita InsyaAlloh di hari akhir nanti.
Pada Kesempatan hari ini saya akan berbagi mengenai bagaimana cara kita memblokir situs trlarang yang sering muncul di Internet, istilah ini sering disebut dengan internet poeitif, artinya ketika kita melakukan akses ke situs tertentu dan dianggap terlarang, maka situs tersebut tidak dapat diakses. Langsung saja berikut Langkah melakukan blokir terhasdap situs terlarang menggunakan DNS Nawala melalui mikrotik.

1. Pastikan kita telah melakukan setting mikrotik hingga membuat hotspot.
2. Masuk ke mikrotik melalui winbox. Jika melakukan langsung disetting awal, maka masuk menggunakan mac address, namun jika sudah membuat hotspot, maka kita bisa langsung mengtikkan ip address eth yang kita jadikan hotspot.
3. Pilih IP kemudian DNS, masukkan DNS milik Nawala yaitu 180.131.144.144 dan 180.131.144.145.
4. Pilih IP kemudian Firewall dan pilih Address list kemudian klik tanda +. Disini kita masukkan nama yaitu DNS, kemudian DNS I dari nawala yaitu 180.131.144.144.  Apply dan ok.
5. Masukkan kembali dengan cara yang sama hanya kali ini kita masukkan DNS yang kedua milik nawala.


6. Masukkan pula eth 2 yang biasanya kita gunakan sebagi IP local.
 7.Berikut akan muncul tampilan seperti dibawah ini.
8. Kita atur firewall rules, dan untuk chain kta isi dengan input, kemudian protocol diisi degan udp, dst port diisi dengan 53. dan in interface diisi dengan eth 2. klik action dan diganti dengan drop.

9. Kita atur firewall rules, dan untuk chain kta isi dengan input, kemudian protocol diisi degan tcp, dst port diisi dengan 53. dan in interface diisi dengan eth 2. klik action dan diganti dengan drop.

 10. Kemudian muncul tampilan berikut.
11. Masuk ke browser dan coba kita tikkan muviza.com. 
 12 Selesai.

Sekian Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »