Mengatasi Error Ketika Update

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Alahmdulillah puji dan syukur marilah kita panjatkan kepada Alloh Ta'ala yang telah melimpahkan segala kenikmatan dan kekuatan kepada kita, melimpahkan segala hidayah kepada hambaNya dan hingga pagi ini kita masih diberikan kesempatan untuk senantiasa beribadah kepada Alloh Ta'ala. Kemudian salam dan shalawat semoga tetap terlimpahkan kepada Nabi Muhammad SAW. yang insyaalloh akan memberikan syafa'at kepada ummatnya diakhir zaman nanti.

Pada kesempatan ini saya akan berbagi mengenai cara mengatasi error saat melakukan update di terminal. Pasti hal ini sudah sangat sering kita lakukan terutama untuk pengguna linux, terkadang setelah kita melakukan instalasi linux, kita akan mendapat pesan untuk melakukan update, dan juga kita dapat melakukan pemilihan terhadap repositori yang akan menyediakan software untuk OS kita. Secara default kita setelah install atau sebelum diubah repositorinya, maka akan terhubung dengan main server. Ketika kita menggunakan main server, biasanya transfer rate suatu data cenderung lambat. Maka dari itu kita dapat mengubah repositori di negara kita sendiri.

Kemudian kita biasanya juga akan melakukan update setelah menganti repositori, kemudian masalah pun akan muncul seperti ini " E: Could not get lock /var/lib/apt/lists/lock - open (11: Resource temporarily unavailable)".
Berikut beberapa langkah yang bisa dicoba untuk mengatasi masalah ini:

1. Masuk ke terminal dan tikkan "sudo su", untuk masuk sebagai superuser.
2. Masukkan Password dan tikkan "sudo -i".
3. Tikkan "rm /var/lib/apt/lists/lock" .


 4. Tikkan "rm /var/lib/dpkg/lock".
5. Kita coba lagi untuk update dengan perintah "sudo apt-get update".

Demikian semoga bermanfaat, sekian Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »