Mengetahui Web Referensi Linux

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Alhamdulillah segala puji hanya milik Alloh Ta'ala yang telah melimpahkan segala kenikmatan hingga pada pagi hari ini kita msih diberikan kesempatan untuk menikmati segala keindahan yang telah Alloh ciptakan. Kemudian salam beserta shalawat mari kita haturkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW. yang kita nantikan syafa'atnya dihari akhir nanti.

Kesempatan pagi ini saya akan berbagi mengenai berbagai macam website yang dijadikan referensi dalam pengembangan maupun hal lain yang berkaitan dengan linux. Langsung saja berikut beberapa web yang dijadikan pedoman dalam linux :

Berikut tips mencari referensi website untuk mempermudah belajar linux, ini hanyalah beberapa referensi saja untuk yang lain sebenarnya masih banyak lagi:

  1. Selalu baca pada Homepage & Documentation/Wiki pada Website resmi sesuai Distro Linux yang digunakan. Jangan suka mempermasalahkan soal bahasa, gunakan cara cerdas dg google translate untuk mengatasinya.
  2. Gunakan contekan COMMAND LINE (perintah TERMINAL) kalau sdh hafal nggak usah gpp : http://www.linuxguide.it/command_line/linux_commands_in.html
  3. Tutorial Vi/Vim Editor : http://www.yolinux.com/TUTORIALS/LinuxTutorialAdvanced_vi.html
  4. Tutorial IPTables : http://rootbox.or.id/tips/iptables.html
  5. How To Forge : http://www.howtoforge.com/
  6. Server World : http://www.server-world.info/en/
  7. YoLinux : http://www.yolinux.com/
  8. nixCraft : http://www.cyberciti.biz/
  9. Unixmen : http://www.unixmen.com/
  10. Ubuntu Server Guide : http://ubuntuserverguide.com/
  11. Wiki Onno W. Purbo : http://opensource.telkomspeedy.com/wiki/index.php/Main_Page
  12. Wiki LINUX : http://en.wikipedia.org/wiki/Linux
  13. Pada aplikasi2 berbasis GNU/Linux biasanya disertakan manual.. ketik  man "spasi" perintah.  misal  man "spasi" cowsaySemoga bermanfaat, silahkan masing-masing bereksplorasi sesuai pendapat dan kenyamanan anda.

Beberapa weeb diatas merupakan referensi yang dipilih oleh Suro Dhemit atau Suwandono. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi.
Wassalamu'laikum Wr. Wb.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »