WEB SERVER

Assalau'alaikum Wr. Wb.

Alhamdulillah pada kesempatan hari ini marilah kita senantiasa memanjatkan puji syukur kepada Alloh Ta'ala karena begitu banyak lilmpahan rahma serta hidayahNya keapada kita, hingga pada kesempatan hari ni masih diberikan segala kenikmatan kesehatan ytak kurang suatu apapun. Kemudian tak lupa salam beserta shalawat mari kita haturkan kepada Nabi Muhammad SAW. yang kita nantikan syafa'atnya dihari akhir nanti.

Alhamdulillah hari ini di BLC Telkom Klaten dari pagi hingga siang ini telah diisi banyak hal oleh Mbah Suro langsung berkaitan dengan berbagai tips menarik tentang Googling maupun hal yang berkaitan dengan referensi Linux serta diakhir sesi ditampilkan mengenai Web Server. Kesempatan hari ini saya akan bahas ialah berkaitan dengan web server. Langsung saja semoga bermanfaat, berikut beberapa uraiannya :

Server web atau yang dalam bahasa inggris disebut web server adalah merupakan perangkat lunak (software) dalam server yang berfungsi untuk menerima permintaan (request) berupa halaman web melalui protokol HTTP dan atau HTTPS dari client yang lebih dikenal dengan nama browser, kemudian mengirimkan kembali (respon) hasil permintaan tersebut ke dalam bentuk halaman-halaman web yang pada umumnya berbentuk dokumen HTML. Dari apa yang ditulis diatas, dapat diambil kesimpulan bahwa web server adalah pelayan bagi web client.
Fungsi dari web server adalah sebagai pemroses data yang dimaasukkan oleh pengguna melalui suatu protokol komunikasi tertentu.

Beberapa contoh web server yang paling banyak digunakan diantaranya adalah :

1. Apache
2. Apache Tomcat
3. Microsoft Internet Information Services (IIS)
4. Nginx
5. Lighttpd
6. Litespeed
7. Zeus Web Server

Fitur-fitur standar web server adalah :
1. HTTP
2. Logging
3. Virtual Hosting
4. Pengaturan Bandwidth
5. Otektifikasi
6. Kompresi Konten
7. HTTPS
Protokol yang umum untuk digunakan ialah HTTP yang diinputkan pengguna melalui web client sedangkan HTTP itu sendiri ialah protokol yang digunakan oleh web server dan web browser untuk dapat berkomunikasi antara satu sama lain. Sedangkan HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Secure) adalah merupakan versi aman (secure) dari HTTP. Biasanya protokol HTTP menggunakan port 80 dan protokol HTTPS menggunakan port 443. Untuk mengenal dan membedakan keduanya, anda bisa lihat pada saat anda mengakses suatu halaman website apakah berwalan http:// atau https://.
Web server biasanya telah dilengkapi pula dengan mesin penerjemah bahasa skrip yang memungkinkan web server dapat menyediakan layanan situs dinamis, yaitu situs yang dapat berinteraksi dengan pengunjung dengan memanfaatkan pustaka tambahan seperti PHP dan ASP.
 
Berikutnya ialah cara kerja dari Web Server, pada proses yang kita biasa praktikkan, sebagai pengguna kita akan membuka web browser untuk mencari informasi kemudian Web Browser akan melakukan pengiriman data yang akan dikemas di dalam TCP yang merupakan protokol transport dan dikirim ke alamat yang dalam hal ini merupakan protokol berikutnya yaitu Hyper Text Transfer Protocol (HTTP) dan atau Hyper Text Transfer Protocol Secure (HTTPS). Data yang diminta dari browser ke web server disebut dengan HTTP request yang kemudian akan dicarikan oleh web server di dalam komputer server. Jika ditemukan, data tersebut akan dikemas oleh web server dalam TCP dan dikirim kembali ke browser untuk ditampilkan. Data yang dikirim dari server ke browser dikenal dengan HTTP response. Jika data yang diminta oleh browser tersebut ternyata tidak ditemukan oleh web server, maka web server akan menolak permintaan tersebut dan browser akan menampilkan notifikasi error 404 atau Page Not Found.

Meskipun proses atau cara kerja web server diatas seperti sangat rumit, tapi pada prakteknya proses tersebut berlangsung dengan sangat cepat. Anda bahkan bisa sampai tidak menyadari bahwa pada saat anda meminta suatu halaman web, ternyata hal itu membutuhkan proses yang sangat panjang sampai halaman tersebut dapat anda lihat di browser anda.


Demikian sedikit yang dapat saya share semoga dapat menjadi referensi.
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Sumber:

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »