Jaringan - Skala Jaringan

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

     Pertama dan yang paling utama marilah kita memanjatkan puji syukur kehadirat Alloh SWT yang telah memberikan kita kesempatan untuk senantiasa sehat segar dan masih dalam lindungan-Nya. Kedua, Salam beserta Shalawat semoga tetap terlimpahkan kepada Nabi Muhammad SAW.yang kita nantikan syafa'atnya dihari akhir nanti.

    Kesempatan yang indah ini saya akan berbagi sedikkiit mengenai Jaringan atau skala jaringan. Sebelum kita masuk ke materi kali ini ada baiknya kita berkenalan terlebih dahulu apa itu jaringan. Walaupun secara fisik kita paham betul mengenai Jaringan, namn ada baiknya kita juga mengetahui secara teori apa itu jaringan. Materi ini sangatlah penting karena ini diibaratkan sebagai gerbang besar menuju bagaian bagian yang lebih komplek lagi dari sebuah jaringan. Berikut beberapa ulasan berkaitan dengan Skala Jaringan :


   Jaringan komputer merupakan jaringan yang memungkinkan adanya dua atau lebih komputer agar dapat saling brtukar data atau sumber daya yang lainnya. Tujuan dari jaringan komputer adalah agar dapat mencapai tujuannya, setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta dan memberikan layanan (service). Pihak yang meminta/menerima layanan disebut klien (client) dan yang memberikan/mengirim layanan disebut peladen (server). Desain ini disebut dengan sistem client-server, dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer.

   Dua buah komputer yang masing-masing memiliki sebuah kartu jaringan, kemudian dihubungkan melalui kabel maupun nirkabel sebagai medium transmisi data, dan terdapatperangkat lunak sistem operasi jaringan akan membentuk sebuah jaringan komputer yang sederhana. Apabila ingin membuat jaringan komputer yang lebih luas lagi jangkauannya, maka diperlukan peralatan tambahan seperti Hub, Bridge, Switch, Router, Gateway sebagai peralatan interkoneksinya.

1. HUB adalah Alat penghubung atar komputer, semua jenis komunikasi hanya dilewatkan oleh hub. hub digunakan untuk sebuah bentuk jaringan yang sederhana (misal hanya untuk menyambungkan beberapa komputer di satu group IP lokal) ketika ada satu paket yang masuk ke satu port di hub, maka akan tersalin ke port lainnya di hub yg sama dan semua komputer yg tersambung di hub yang sama dapat membaca paket tersebut. Saat ini hub sudah banyak ditinggalkan dan diganti dengan switch. Alasan penggantian ini biasanya adalah karena hub mempunyai kecepatan transfer data yang lebih lambat daripada switch. Hub dan switch mempunyai kecepatan transfer data sampai dengan 100 Mbps bahkan switch sudah dikembangkan sampai kecepatan 1 Gbps.

2. SWITCH sebagai alat peralatan interkoneksi yang fungsinya sama dengan HUB hanya saja SWITCH memiliki kecepatan transfer yang lebih tinggi.

3. BRIDGE adalah alat yang digunakan pada suatu jaringan yang berfungsi untuk memisahkan sebuah jaringan yang luas menjadi segment yang lebih kecil. bridge membaca alamat MAC (media access control) dari setiap paket data yang diterima yang kemudian akan mempelajari bridging table untuk memutuskan apa yang akan dikerjakan bridge selanjutnya pada paket data tersebut, apakah diteruskan atau di abaikan.

4. ROUTER adalah perangkat jaringan yang digunakan untuk membagi protocol kepada anggota jaringan yang lainnya, dengan adanya router maka sebuah protocol dapat di-sharing kepada perangkat jaringan lain.

5.GATEWAY adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk menghubungkan satu jaringan komputer dengan satu atau lebih jaringan komputer yang menggunakan protokol komunikasi yang berbeda sehingga informasi dari satu jaringan computer dapat diberikan kepada jaringan komputer lain yang protokolnya berbeda. Definisi tersebut adalah definisi gateway yang utama.

Setelah kita paham peralatan yang digunakan dalam Jaringan maka yang berikutnya kita harus mengetahui termasuk dalam area jaringan apa. berikut penjelasannya :

1. LAN (Local Area Network)
LAN
Merupakan jaringan yang hanya menjangkau wilayah yang cederung sempit, biasannya digunakan di area kantor perusahaan, sekolah, maupun warnet. Jaringan ini menggunakan interface yaitu kabel UTP pada umumnya, namun tak sedikit pula yang menggunakan kabel STP.

2. MAN (Metropolitan Area Network)
Skema jaringan MAN
MAN
Jaringan ini memiliki radius 10–50 km. MAN merupakan pilihan untuk membangun jaringan komputer antarkantor dalam suatu kota dengan kecepatan transmisi antara 45–600 Mbps. Untuk membentuk jaringan MAN, dapat memanfaatkan fasilitas dari perusahaan telekomunikasi umum atau menggunakan paket program radio. Jaringan ini masih sama, yaitu menggunakan kabel atau merupakan pengembangan dari jaringan LAN serta memiliki jangkauan yang lebih luas pula.

3. WAN (Wide Area Network)
Skema Jaringan WAN
WAN
Jaringan ini memiliki radius sangat besar, menghubungkan LAN dan MAN melewati batas geografis mencakup antarwilayah, antarnegara, dan antarbenua, serta bersifat milik umum. WAN memiliki kecepatan transmisi di bawah 1 Mbps. Jadi semakin besar jaringan memungkinkan pennggunannya juga semakin banyak hingga menurunkan kecepatan transfer masing masing client.

4. Internet

Internet adalah sebuah jaringan komputer yang sangat besar yang menghubungkan seluruh sistem jaringan komputer di seluruh dunia. Internet merupakan kumpulan dari sejumlah LAN, MAN, dan WAN dari berbagai tempat di seluruh dunia. Setiap komputer yang terhubung dengan jaringan internet dapat berkomunikasi dalam bentuk pertukaran data dan informasi secara langsung.

5. Wireless

Jaringan ini adalah jaringan tanpa menggunakan kabel.

Sekian sedikit materi tentang jaringan yang bisa saya share semoga dapat menjadi referensi.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.


Sumber referensi :



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »