Mengenal User Manager

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Alhamdulillah marilah senantiasa kita panjatkan kepada Alloh SWT. karena berkat limpahan segala nikmatNya kita masih diberikan kesempatan unutk senantiasa bertukar ilmu, dan bersama berjuang di agama ini. Kemudian salam dan shalawat semoga senantiasa terlimpahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW. yang kita nantika syafa'atnya dihari akhir nanti.

Pada kesempatan hari ini saya akan berbagi mengenai User Manager di Mikrotik, setelah kita mempelajari mikrotik, maka pasti akan kenal dengan istilah user manager dan istilah lainnya. Langsung saja berikut beberapa pengertian tentang user manager.

User Manager merupakan fitur AAA server yang dimiliki oleh Mikrotik. Sesuai kepanjangan AAA (Authentication, Authorization dan Accounting), User Manager memiliki DataBase yang bisa digunakan untuk melakukan autentikasi user yang login kedalam network kita, memberikan kebijakan terhadap user tersebut misalnya limitasi transfer rate, dan juga perhitungan serta pembatasan quota yang dilakukan user kita nantinya. 

User Manager ini akan memudahkan kita yang ingin membuat layanan internet publik secara luas, misalnya hotspot-hotspot di cafe, mall, hotel dan sebagainya, karena dengan menggunakan User Manager ini kita cukup membuat 1 account user, dan account user tersebut bisa digunakan atau diakses dari router-router Hotspot yang sudah kita pasang. 

Informasi service yang bisa kita simpan dalam database UserManager meliputi: 

1. HotSpot users.
2. PPP (PPtP/PPPoE) users.
3. DHCP Lease.
4. Wireless AccessList.
5. RouterOS users.


Hotspot Server ialah salah satu fitur terkenal di dalam mikrotik yang merupakan salah satu metode untuk memberikan akses/layanan internet di area public dengan melalui proses autentikasi, media yang digunakan bisa menggunakan kabel ataupun wireless. 

Cara kerja dari hotspot server ini dalam bentuk sederhana, hotspot akan melakukan block semua akses user dan user akan diminta untuk melakukan login via web browser. Apabila username dan password yang diisikan oleh user cocok dengan database hotspot, maka layanan akses akan diberikan. 

Contoh konfigurasi bagaimana cara mengintegrasikan 2 hotspot server yang sudah ada di 2 router yang berbeda (router A dan router B) dengan sebuah database UserManager yang akan terpasang di salah satu router (router A).
topologi
Jadi sebelum kita melakukan instalasi pada User Manager, maka yang pertama harus dibuat ialah hotspot server, Kemudian baru kita lakukan instalasi pada User Manager.
Sekian semoga bermanfaat.
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »